Masa pengenalan lingkungan sekolah. Diadakan untuk seluruh para siswa siswi baru kelas 7 SMP dan kelas 10 SMA plus Assalafiyah yang acaranya dibarengi dengan acara giat pengenalan Pramuka yang berlangsung selama 3 hari 2 malam.

Masa pengenalan lingkungan sekolah, ditujukan untuk membuat daya tarik dan menimbulkan rasa kecintaan pada seluruh siswa-siswi dengan sambutan hangat dari pengasuh

Acara ini diadakan pada Jum’at 15 juli 2022 bertempat di kompleks pondok pesantren Assalafiyah. Dimulai dari pengibaran bendera merah putih, pengenalan Pramuka, pengenalan dan pelantikan penggalang dan penegak serta sambutan oleh bung abdul hadi s.sos. waktu sore pun digunakan untuk membersihkan diri dan mengikuti kegiatan pesantren.

Dihari kedua pun para siswa siswi diajarkan untuk bisa baris berbaris secara tertib, cinta lingkungan, cara berkepemimpinan dan menghormati kebersihan, kegiatan pun ditutup dengan upacara penutupan, bersiap tuk kegiatan pondok dan bersiap untuk acara api unggun.

pada acara setelah sholat isya’. acara dibuka dengan musik hadroh dari Nahdlatussalaf dibawah naungan yayasan Assalafiyah Acara Api unggun diadakan sebagai simbol dengan sambutan dari ketua yayasan pondok pesantren Assalafiyah yakni k. Agus Nasrul Hadi S.Pd.I Yang membawa pada perenungan tentang apa yang para santri perjuangkan dan agar menetap ditujuan awal kenapa mereka ditaruh oleh orang tua untuk melanjutkan belajar di pondok pesantren.