Alhamdulillah para khotimin dan Masyayikh
angkatan ke 43 baru saja menyelesaikan perjalanan ziarah Walisongo dan Madura yang mengesankan.
Dalam perjalanan panjang ini, mereka telah mengunjungi berbagai makam para Walisongo yang menjadi simbol penting dari sejarah dan budaya Islam di Indonesia.

Setelah menyeberang ke pulau Madura dan mengunjungi makam syaikh Kholil Bangkalan, para khotimin akhirnya tiba di destinasi terakhir yaitu makam Sunan Giri di kabupaten Gresik. Di sini, mereka berdoa bersama dan bertawasul dengan Sunan Giri yang mana sebagai salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam di Indonesia.

Tak hanya itu, perjalanan ziarah ini juga memberikan pengalaman yang berharga bagi para peserta, seperti berinteraksi dengan masyarakat setempat, maupun peziarah lainnya, belajar sejarah Islam di Indonesia, serta meningkatkan rasa kebersamaan dan solidaritas di antara sesama Muslim.

Namun, perjalanan panjang ini juga membawa risiko dan tantangan bagi kami semua, terutama dalam hal kesehatan dan keselamatan.

Oleh karena itu, kita semua selalu berdoa agar para peserta dan seluruh anggota rombongan yang terlibat dalam perjalanan ini diberikan keselamatan dan kesehatan, serta dapat kembali ke kampung halamannya dengan selamat.

Semoga perjalanan ziarah Walisongo dan Madura ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih menghargai sejarah dan budaya Islam di Indonesia, serta meningkatkan kualitas iman dan ketakwaan kita pada Allah SWT

#Assalafiyahsidamulyaa
#Ziarah #walisongo #sunangiri #gresik